Rabu, 11 November 2009

AIR MUKA YANG BAIK




SELALU MENJAGA AIR MUKA YANG BAIK.



  • Untuk memiliki Air muka yang baik boleh dikatakan cukup mudah, asalkan ada kemauan untuk melakkuaknnya, sebab membina dan membentuk airmuka yang baik itu tidak perlu mengeluarkan biaya.
  • Ini Bebeda dengan pembentukan dan perawatan yang disebut " kecantikan ", yang membutuhkan biaya yang lumayan besar untuk membeli bahan - bahan dan alat - alat cosmetik guna menambah kecantikan yang di-idam-idamkan. Karena masalah ini maka masalah airmuka kurang dihiraukan.
  • Yang dimaksud airmuka yang baik disini bukan bearti masalah kencantikan, keelokan, atau ketampanan dari wajah seseorang, melainkan wajah yang mampu dan mempunyai daya tarik, menawan, memikat, simpatik, pendek kata yang serba menyenangkan bagi setiap orang yang memandangnya.
  • Oleh karena itu sekalipun tampang kita jelek jangan berkecil hati. Sebab airmuka yang baik itu tidak semata-mata berfokus kepada ke ayuan, kecantikan, ganteng maupun ketampanan paras seseorang, melainkan yang penting adalah airmukanya.
  • Sedikit sekali arti dan paedahnya kecantikan dan ketampanan seseorang bilamana tidak mempunyai airmuka yang menyenangkan, apa gunanya sebagus-bagus dan senecis-necisnya pakaian yang dipakai serta seindah-indahnya tutur kata yang diucapkan, bilamana tidak disertai airmuka yang menarik.
  • Tunjukkanlah selalu airmuka yang baik sekalipun kita berwajah jelek ataupun dalam kondisi yang tak menggembirakan, karena dengan menampakan keceriaan, kecerahan, kejernihan, kesegaran, dan berseri-seri yang mana nantinya akan dapat memancarkan ketenangan, kebahagiaan, ketulusan, kelembutan, kehalusan, dan keagungan.
  • Dengan airmuka semacam itulah yang sanggup mendatangkan daya tarik, kharisma, pesona, simpatik, menawan dan memikat terhadap orang yang melihatnya.
  • Sebaliknya tidak dianjurkan kalau bisa ditepis dan dihindarkan mempamerkan wajah yang ber-airmuka yang tidak bersahabat, muram, masam, merengut, menyebalkan, menemukan dan lain-lain yang serupa itu.
  • Apabila hal ini dibiarkan berlarut-larut tanpa berusaha untuk mengatasinya, maka janganlah heran pada suatu waktu kita bisa mendapat kesulitan, halangan, rintangan dan kesukaran yang tidak dikehendaki tanpa tahu persoalan dan sebab musababnya. Padahal kesemuanya itu hanya soal sepele, yaitu air muka yang ditampilkan pada saat itu sangant memuakkan sekali.
  • Perlu diakui, bahwa memelihara dan menjaga agar airmuka itu selalu kelihatan baik sepanjang hari tidak bisa juga dikatakan mudah, sekalipun tanpa mengeluarkan biaya, masalahnya ini menyangkut kepada soal temperament, watak dan karakter seseorang.
Latihan dan Usaha
  • Bila kita benar-benar ada hasrat untuk itu, maka mau tak mau harus berjuang dan bekorban perasaan, terutam perasan yang kurang baik seperti : pemarah, cepat tersinggung, putus asa, kecewa, kesal, dengki, rendah diri dan sebagainya.
  • Berarti disini mengutamakan; menekan perasaan-perasaan yang kurang baik yang ada didalam diri kita. Dengan cara membiasakan serta melatih diri yang dilakukan sepenuh hati, niscaya akan memperoleh hasil.
  • Latihan-latihan yang dilakukan tidak saja menghasilkan airmuka yang baik, tetapi disamping itu kitapun bisa berubah menjadi orang yang berperilaku penyabar, tenang, ikhlas, bijak dan tak mudah dipengaruhi oleh keadaan dan suasana yang bagaimanapun jua.
  • Haraplah jangan salah paham dan salah menerima, dengan latihan-latihan tersebut, bukan untuk menjadikan kita menjadi orang yang tebal muka atau orang yang tidak tahu diri.
  • Sesungguhnya pelajaran dan latihan-latihan tersebut sudah diajarkan bagi orang-orang yang memeluk Agama Islam. yaitu harus mengerjakan Shalat Lima Waktu dan shalat-shalat Sunat lainnya. Mengerjakan Shalat, secara tidak langsung sudah melatih diri kita, serta selalu menjaga airmuka tetap bersih dengan air Whudu.
  • Melaksanakan Shalat dan menjaga Wudhu, jelas akan mendapat ganjaran serta kucuran Rakhmat yang besar disisi Allah SWT.
  • Air muka yang baik, jika diperlihatkan tepat pada waktu dan keadaannya dapat melenyapkan : kebingungan, kepanikan, kemarahan, ketakutan, keraguan, kecurigaan, dan mampu pula menimbulkkan : semangat, kepercayaan, keyakinan, ketenangan bagi orang yang melihatnya.
  • Marilah kita yang awam ini, untuk melatih, membiasakan, menjaga dan memelihara airmuka yang dulunya tidak sedap dipandang mata, mudah-mudahan dapat berubah menjadi : bersih, jernih, ceria, cerah sekalipun kita mempunyai wajah yang jelek, dungu, cacat tubuh, miskin dan sering menemui kesulitan hidup.
Semoga. Amin Ya Rabbil Alamin.






QQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQ

TAK SALAH KALAU SEJENAK DENGARKAN LAGU QASIDAH DI BAWAH INI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk memberi kritik dan saran.